70 Tahun Kalla Group; Aktif Bersama, Maju Bersama

Kiprah kami saat ini berawal di tahun 1952 ketika kedua orang tua kami, Hadji Kalla dan Hajjah Athirah mulai merintis bidang usaha perdagangan tekstil dan hasil bumi di kabupaten Watampone, Sulawesi Selatan. Perlahan tapi pasti, bidang usaha kami berkembang ke usaha Non-Tekstil seperti perdagangan umum impor dan ekspor hingga otomotif dibawah bendera NV. Hadji Kalla.

Saat ini, Kalla menggeluti berbagai bidang usaha yang berada di bawah bendera Grup Perusahaan, Kalla, dan menjadi salah satu kelompok usaha terbesar di Kawasan Timur Indonesia, dengan kendali usaha terpusat di kota Makassar. Adapun bidang usaha inti meliputi otomotif, transportasi-logistik, properti, konstruksi, manufaktur dan energi.

Sebagai wujud kepedulian dalam mendukung pembangunan di wilayah ini, Kalla sebagai Grup perusahaan berkomitmen memunculkan terobosan-terobosan baru guna memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat luas di negara kita tercinta, Indonesia. Segala prestasi yang berhasil Kalla toreh adalah berkat dukungan seluruh Insan Kalla dan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Segala hasil yang perusahaan miliki, akan di manfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Presiden Direktur

Kalla sebagai Grup Perusahaan telah melalui perjalanan panjang dalam berkontribusi pada pembangunan dan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Timur Indonesia. Memasuki usia ke 70 tahun, Kontribusi kami kini menjangkau berbagai sektor mulai dari bidang perdagangan, transportasi, infrastruktur, properti, manufaktur, energi hingga pendidikan. Sektor-sektor tersebut telah menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini dan di masa mendatang.

Pertumbuhan bisnis yang begitu pesat ini tidak terlepas dari keberhasilan seluruh Insan Kalla dalam melakukan tranformasi bisnis dan budaya. Dimulai dari pengembangan sumber daya manusia dengan kualitas dan skill terbaik, pengelolaan bisnis dengan Inovasi unggul dan tetap diimbangi dengan pendekatan sosial-budaya yang membuat Kalla menjadi salah satu Grup perusahaan terbesar di Indonesia Timur.

Lini bisnis Kalla berorientasi pada sinergi yang memberikan pelayanan terintegrasi kepada seluruh stakeholder dan pelanggan. Sehingga, Kalla memiliki fondasi bisnis yang kokoh guna menunjang kebutuhan pelanggan dan perekonomian Nasional yang kian dinamis.

Demi memberikan best experience kepada pelanggan lini bisnis otomotif Kalla telah menjalin sinergi dengan bisnis transportasi Kalla yang menjangkau kebutuhan travel dan rental serta bisnis logistik Kalla yang menjangkau kebutuhan pengiriman kendaraan dan warehouse. Melalui terobosan ini, Kalla konsisten menjadi yang terdepan dalam menjawab kebutuhan transportasi di Indonesia.

Lini bisnis Kalla di bidang konstruksi dan development juga bersinergi dalam membangun Indonesia kearah yang lebih baik. Kalla menjawab seluruh kebutuhan percepatan pembangunan infrastruktur dengan menyediakan lini bisnis yang saling terintegrasi dari hulu ke hilir dalam bidang material bangunan, aspal, design, konstruksi hingga pengelolaan property komersil dan building management.

Kehadiran Jalan Kalla sebagai budaya perusahaan, telah menjadi nafas penting pengembangan seluruh lini bisnis dan kegiatan sosial Kalla. Filosofi dan nilai-nilai luhur dari Jalan Kalla diantaranya Kerja Ibadah, Apresiasi Pelanggan, Lebih Cepat Lebih Baik, dan Aktif Bersama telah menjadi aset penting perusahaan yang akan terus diawariskan hingga ke generasi mendatang.

Menyadari ruang untuk tumbuh dan lebih baik lagi, Kalla selalu memacu terobosan baru Insan Kalla dalam meningkatkan kualitas produk, pelayanan dan integrasi bisnis. Serta terus menebar Inspirasi kebaikan melalui kontribusi sosial untuk mencapai kesejahteraan bersama masyarakat.


Dewan Direksi

1000X1000
Hariyadi Kaimuddin

Marketing & Business Development Director | Kalla Automotive, Transport & Logisitcs Director

Beliau lahir di Makassar pada 12 November 1973. Saat ini, beliau menjabat sebagai Marketing & Business Development Director sejak 2021. Perjalanan karier beliau di KALLA dimulai dari COO Kalla Automotive (2007-2014) yang kemudian diamanahkan menjadi CEO Kalla Automotive (2014-sekarang). Sebelumnya, beliau bekerja di PT HM Sampoerna selama 10 tahun dengan menempati berbagai posisi, diantaranya Area Marketing Manager (1999-2002), Regional Marketing Manager (2002-2005) hingga National Brand Manager (2006-2007). Beliau menempuh pendidikannya pada Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB). 

1000X1000
Disa R. Novianty

People & Process Director

Beliau lahir di Jakarta pada 19 November 1983. Saat ini beliau menjabat People & Process Director mulai 2022. Sebelumnya, beliau telah memegang jabatan Corporate People & Performance Director (2021) dan Corporate Strategic & Development Director (2018-2021). Sebelum bergabung di KALLA, beliau pernah berkarier di sejumlah perusahaan nasional dan multinasional, diantaranya Danone Aqua (2005-2007) dan Trans Studio (2007-2009). Beliau juga memiliki pengalaman bekerja di luar negeri dengan bergabung di Philips yang merupakan perusahaan multinasional berbasis di Belanda selama 2011-2012. Kemudian, pernah pula berkarier di Jerman dengan bergabung di JSP selama 2013-2015. Beliau menempuh pendidikannya di Universitas Indonesia dan Erasmus University.

1000X1000
Imelda Jusuf Kalla

Corporate Finance Director

Beliau lahir di Makassar pada 15 Februari 1971. Saat ini beliau menjabat sebagai Corporate Finance Director sejak 2010 hingga sekarang. Beliau juga merupakan Direktur Utama PT Kalla Inti Karsa sejak 2018 hingga sekarang. Bergabung di KALLA sejak 1999, beliau memulai karier di PT Bumi Karsa yang selanjutnya bergabung di beberapa unit bisnis KALLA, seperti Kalla Beton selaku Direktur Keuangan (2003-2010), Direktur Keuangan Kalla Transport & Logistics (2003-2008), Bendahara Yayasan Hadji Kalla (2005-sekarang), Direktur Keuangan PT Hadji Kalla (2005-2014), Direktur Keuangan Kalla Inti Karsa (2007-2018) serta Direktur Utama Kalla Transport & Logistics (2008-2018). Beliau telah menyelesaikan pendidikannya pada jurusan Manajemen Pemasaran RMIT University - Melbourne.

1000X1000
Zumadi SM Anwar

Kalla Development & Construction Director

Beliau lahir di Pekanbaru pada 1 Agustus 1968. Saat ini beliau menjabat sebagai Kalla Development & Construction Director sejak 2017 hingga sekarang. Sebelumnya, beliau telah memegang beberapa jabatan direktur utama pada sejumlah unit bisnis KALLA, yakni PT Tombolo Energy (2011-207), PT Bumi Karsa (2006-2017) dan PT Kalla Electrical System (2002-2015). Beliau juga pernah memegang sejumlah jabatan strategis di PT Bukaka SingTel International selama 5 tahun, 1999-2005. Beliau telah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Trisakti dan University of Wisconsin serta sejumlah lembaga pendidikan lainnya, yaitu Citrus College dan Language Center of The Pasific.